Lebih Siap Jadi Mama Baru Bag2

Fungsi bedong sebenarnya serupa selimut, menghangatkan tubuh bayi, tapi terpasang sedikit lebih erat hingga menyerupai pelukan yang menenangkan. Bedong sebaiknya dipasang agak longgar sehingga bayi masih bisa menggerakkan lengan dan tungkainya tanpa merasa “terikat”. Membedong bayi beberapa saat setelah mandi atau saat ia gelisah, mungkin membuat bayi lebih nyaman dan tenang.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Tapi hindari membiarkan bayi terbedong berlama-lama, beri kesempatan agar lengan dan tungkai bayi mendapat stimulasi supaya fungsi motorik-sensoriknya berkembang optimal. Bagaimana cara mengetahui kalau bayi saya kedinginan atau kepanasan? Pada dasarnya indra peraba bayi dan orang dewasa memiliki kemampuan setara.

 

Jika kita merasa dingin atau gerah, seperti itu juga yang dirasakan bayi. Bayi yang kedinginan bisa tampak lebih pasif, menggigil, daun telinga, dan ujung jarinya teraba dingin. Sebaliknya jika ia kepanasan umumnya akan lebih gelisah, berkeringat, dan kulitnya tampak kemerahan. Bahaya yang mungkin timbul jika bayi kedinginan adalah hipotermia (suhu tubuh <36,5°C) dan hipoglikemi (kadar gula darah turun di bawah normal).

Sedangkan dampak buruk kepanasan adalah dehidrasi dan heat stroke. Kondisikan suhu lingkungan yang nyaman, sekitar 25–28°C untuk bayi sehat yang lahir cukup bulan. Sedangkan suhu lebih hangat diperlukan jika bayi lahir kurang bulan/prematur. Bayi saya yang baru lahir kelihatannya resah, adakah hubungannya dengan proses persalinan yang panjang dan sulit? Sedikit banyak proses persalinan yang sulit memang berdampak pada bayi.

Bisa jadi saat lahir ia tidak langsung menangis, sulit bernapas, bahkan harus dibantu resusitasi dulu baru dapat bernapas adekuat (memadai). Dokter akan melakukan observasi mendalam dan bila perlu ditunjang dengan serangkaian pemeriksaan laboratorium/USG kepala untuk mengetahui sejauh mana kerusakan akibat persalinan yang sulit. Namun perlu diketahui juga, ada banyak penyebab bayi resah.

Sebaiknya Mama melakukan konsultasi detail dengan dokter yang merawatnya, supaya bisa dijelaskan penyebabnya, apakah faktor organik, fisik, atau karena hal lainnya. Saat cuaca di luar dingin dan lembap, apakah si kecil akan pilek atau batuk jika saya ajak keluar rumah? Sebelum membawa keluar, Mama perlu bertanya dulu dalam hati, apa perlu membawa bayi keluar rumah saat di luar cuaca dingin dan lembap?

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *