Petarung Baru di Kelas Menengah buatan autotrade gold

Petarung Baru di Kelas Menengah buatan autotrade gold – Akhirnya salah satu VGA yang sangat dinanti-nanti di telah datang di meja lab kami. Sebuah VGA terbaru dari AMD di segmentasi kelas menengah. Mempunyai codename Tonga yang diharapkan mampu mengganggu tahta nVidia di kelas mid end gaming. Box kemasan dari VGA ini bisa dikatakan kecil, tidak seperti kemasan VGA mid-end pada umumnya. Namun desainnya yang sarat nuansa hitam menjadikan si kecil ini terlihat ‘sangar’ dan angker. Ketika CHIP membukanya, kelengkapan yang disertakan juga sangat standar. Tidak tersedia 6 pin adapter yang dapat menolong pengguna yang PSU nya masih menggunakan 6 pin VGA power.

Buku petunjuk penggunaan pun terkesan apa adanya layaknya yang biasa ada di kemasan VGA low end sehingga CHIP agak kecewa dengan kemasan VGA ini. PCB dari VGA ini berukuran lebih kecil jika dibandingkan seri R9-290, sehingga pemasang an VGA untuk PC dengan casing berukur an ATX pun tidak mengalami kendala. Hanya sayangnya, CHIP tidak menemui backplate di bagian belakang VGA ini. Kipas yang digunakan berukuran 10cm dengan jumlah 2 buah. Kipas yang digunakan pun terbilang senyap dikarenakan pada waktu pengujian kipas hampir tidak mengeluarkan bunyi sama sekali alias hening. Suhu maksimal yang dicapai pada saat pengujian adalah 64 derajat celcius atau bisa dikatakan relatif dingin untuk sebuah VGA kelas menengah.

Jadi, absennya sebuah backplate sepertinya tidak menjadi kendala. Sebaliknya pengurangan pada bagian tersebut justru dapat menekan cost production VGA ini. Pada saat CHIP menguji overclock dengan menaikkan frekuensi core clock menjadi 1100MHz serta memory clock menjadi 1550MHZ, suhu tertinggi yang dicapai hanya naik 1°C dari 64°C pada keadaan standar pabrikan. Dengan metode overclocking tersebut, didapatkan kenaikan skor pada pengujian 3D Mark 13 Firestrike menjadi 8182. Untuk pengujian 3D Mark 13 Firestrike 4K, skor yang didapatkan pada kondisi ter overclock adalah 2151. Kipas yang digunakan berukuran 10 cm dengan tingkat keheningan yang baik.

Sumber : https://teknorus.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.