Trik Jitu Cukupi Kebutuhan Nutrisi Dan Dukung Eksplorasi Si Kecil

Halo ibu mayke, anak saya rhesa (6,3) sekarang kelas 1 sd, namun belum bisa baca dan tulis. Apakah ada hubungannya dengan tangannya yang kidal? Bagaimana cara merangsang keinginannya untuk mudah mengingat apa yang sudah ia pelajari ? Mohon ban tuannya, ya bu. Terima kasih. Sheila j iskandar– jakarta

Baca juga : kursus bahasa Jerman di Jakarta

Saya anjurkan Sheila membawa Rhesa ke Klinik Tumbuh Kembang Anak atau ke Biro Konsultasi Psikologi yang memberikan layanan asesmen psikologis terhadap kemampuan anak. Saya khawatir terjadi kelambatan pada perkembangan Rhesa, bisa pada aspek kognitif atau mungkin pada aspek lainnya . Apakah perkembangan Rhesa sejak bayi mengalami keterlambatan? Misal, usia berjalan lebih dari 15/16 bulan? Usia 2 tahun belum mampu mengucapkan kata-kata tunggal?

Usia 3 tahun belum mampu menyebutkan kalimat yang terdiri dari tiga kata atau lebih? Usia 4 tahun belum mampu menceritakan kembali kejadian yang dialami anak? Apabila jawabnya “ya”, berarti tidak menghe rankan kalau di usia 6,3 tahun, Rhesa belum mampu membaca dan menulis kata-kata sederhana. Kemampuan baca dan tulis tidak bergantung pada kidalnya seseorang. Jadi, sebaiknya Sheila segera merujuk si kecil ke ahlinya.

Enam bulan ingin diajak berenang

Dokter rifan yang baik, anak saya andrew (usia 6 bulan , berat 1o,5 kg), bolehkah mulai diajak berenang? Apa manfaatnya? Per alatan apa yang mesti saya sediakan supaya si kecil aman berenang? Kalau pakai pelampung, yang di leher, di pinggang, atau di tangan? Mohon saran dokter rifan. Terima kasih. Carla – jakarta Ibu Carla yang baik, mengenalkan “olahraga ” berenang pada si kecil tidak ada masalah. Manfaatnya tentu lebih kepada faktor rekreasi dan kesenangan psikologis si kecil. Mengenai jenis pelampung yang digunakan sebaiknya yang paling aman untuk si kecil, tampaknya pelampung di leher yang lebih aman mengingat faktor keseimbangan tubuh saat ia berada di dalam air lebih terjaga. Yang terpenting, ia selalu harus dalam pengawasan ketat, air kolam yang hangat, tidak bercampur dengan banyak orang dan diusahakan agar si kecil tidak sampai kedinginan dan ia dalam kondisi yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *